Breaking News

Kamis, 23 Februari 2023

Bayi 1 Tahun Di Bekasi Mengalami Obesitas


Radartujuh,  Bayi berusia 1 tahun di Bekasi memiliki berat badan 27 kilogram, layaknya anak seusia 10 tahun. Hari ini, Kenzie menjalani pemeriksaan di RS Hermina Kota Bekasi setelah sempat dirujuk oleh Puskesmas dan RS Ananda Babelan untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

Bayi tersebut adalah Muhammad Kenzie Alfaro, kini usianya menginjak 16 bulan. Sebelumnya, ia sempat diperiksa di Puskmas Setyamulya, kecamatan Tarumajaya, Kabupaten Bekasi. Kenzie kemudian dirujuk ke rumah sakit tipe C RS Ananda Babelan, hingga dirujuk lagi untuk menjalani pemeriksaan di rumah sakit tipe B RS Hermina Bekasi.

Ibunda Kenzi, Pitriyah (40), mengatakan, putranya memiliki berat badan 27 kilogram di usia yang baru menginjak 16 bulan. Kenaikan bobot tubuh itu terjadi saat Kenzi menyentuh usia 6 bulan. Padahal, kondisi tubuh Kenzi dinyatakan normal dan tidak mengalami masalah. 

"(Awal lahir) empat kilogram, pas ada perubahan badannya umur enam bulan. (Berat badan) dia bertambah terus, naiknya satu kilogram, secara terus-menerus," kata Pitriyah kepada awak media di kediamannya, Selasa (21/2/2023) lalu. 

Pitriah sendiri tak mengetahui pasti mengapa anaknya memiliki bobot tubuh fantastis. Namun, ia menyatalan bahwa Kenzi hanya diberi asupan susu formula sejak lahir. 

Selain itu, Kenzi juga diberikan asupan kental manis ketika ia menyentuh usia 1 tahun. Keterbatasan ekonomi menjadi alasan Pitriah memberikan Kenzi dua jenis asupan tersebut.

Karena kondisi tubuhnya, gerak Kenzi pun terbatas. Ia hanya bisa duduk dan berbaring. Tak hanya itu, dirinya bahkan tak mampu berdiri secara lama. Pitriah mengatakan, putranya hanya bisa berdiri selama beberapa detik dan kemudian kembali duduk. 

"Dia (Kenzi) belum bisa jalan, baru bisa berdiri, tapi langsung duduk lagi," ucap dia. 

Meski hanya bisa duduk dan berdiri, namun Pitriah mengaku tidak ada kondisi yang mencurigakan pada buah hatinya. Pola tidur dan napas dari Kenzi juga normal seperti layaknya bocah pada umumnya. SA: Kompas.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar